Minggu, 29 Mei 2011

10 Keunikan Mata yang Jarang Diketahui

Tags


1. Setiap Orang Membutuhkan Kaca Mata Pada Usia Tua
Jika Anda membaca artikel ini dan berada di bawah 40 tahun dengan visibilitas yang sempurna, saya dapat mengatakan dengan kepastian yang mutlak bahwa Anda akan memerlukan kacamata baca di saat-saat tertentu di masa depan. Sekitar 99% dari penduduk dunia, usia pertama kali Anda akan mulai membutuhkan kacamata baca adalah antara 43 dan 50 tahun. Hal ini karena lensa mata Anda secara bertahap kehilangan kemampuan mereka untuk fokus seiring bertambahnya usia. Untuk focus melihat benda2 yg jaraknya dekat lensa mata Anda telah berubah bentuk dari bentuk flat ke bentuk yg lebih bulat sehingga akan kehilangan kemampuan untuk melakukan hal ini ketika Anda beranjak lebih tua.


2. Lensa Mata Bergerak Lebih Cepat Daripada Lensa Kamera Manapun

Di belakang pupil mata terdapat sebuah lensa alami yang yang berfungsi untuk memfokuskan pandangan pada objek yang Anda lihat. Luangkan waktu sebentar untuk melihat ke sekeliling ruangan dan berpikir tentang berapa banyak jarak benda yang berbeda yang Anda fokuskan. Setiap kali Anda melakukan ini, lensa di mata Anda segera mengubah fokus tanpa Anda menyadarinya! Bandingkan dengan lensa kamera yang mengambil beberapa detik untuk jarak dan fokus yang berbeda antara satu sama lain.

3. Mata Akan Berkembang Sempurna Pada Usia 7 Tahun
Pada usia 7 tahun mata kita telah berkembang sempurna dan secara fisiologis telah mirip dengan mata orang dewasa. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai alasan yg penting untuk menyembuhkan “mata malas” (=adalah suatu keadaan dimana tajam penglihatan tidak dapat optimal tanpa adanya kelainan organik ) sebelum kita mencapai umur ini. Semakin awal “mata malas” didiagnosis maka semakin besar kesempatan untuk menyembuhkannya, karena mata masih berkembang dan masih dapat berubah dalam penglihatan. Setelah usia 7 tahun tidak ada perawatan yg mampu mengubah penglihatan mata.

4. Mata Berkedip Sekitar 15.000 Kali Setiap Hari
Berkedip merupakan fungsi mata yg semi disengaja, ini berarti bahwa berkedip tidak hanya dilakukan secara otomatis, tetapi orang juga dapat memaksa untuk berkedip bila diperlukan. Mata berkedip kira-kira 15.000 kali per hari .Berkedip adalah fungsi yang sangat penting dari mata Anda karena membantu menghilangkan kotoran pada permukaan mata Anda, dengan menyebarkan air mata segar di atas mereka. Air mata ini membantu untuk menyehatkan mata Anda dengan oksigen dan juga memiliki sifat anti-bakteri penting. Anda dapat mengasumsikan fungsi berkedip mirip dengan fungsi wiper pada mobil anda, membersihkan dan menghapus segala sesuatu untuk membuat Anda melihat dengan jelas.

5. Setiap Orang Akan Mengalami Katarak Ketika Mereka Tua
Orang tidak menyadari bahwa katarak merupakan sebuah konsekuensi normal ketika mencapai usia tua dan setiap orang akan mengalaminya pada saat tertentu pada usia tua mereka. Anda dapat menganggap katarak sama dengan rambut yg berubah menjadi putih seiring bertambahnya usia yang merupakan perubahan alami seiring bertambahnya usia. Rata-rata usia orang pertama kali mendapatkan katarak adalah sekitar usia 70 tahun dan 80 tahun, Anda dijamin akan memiliki katarak! Ini sama dengan Anda tidak mungkin menemukan orang berusia 80 tahun tanpa rambut putih, begitupun anda tidak akan menemukan orang berusia 80 tahun tanpa menderita katarak.

6. Diabetes Sering Dideteksi Pertama Kali Dengan Melakukan Tes Mata
Orang yang menderita diabetes tipe 2 (jenis yang akanb erkembang di kemudian hari) sering mengalami gejala-bebas, yang berarti mereka sering tidak tahu bahwa mereka menderita diabetes. Jenis diabetes ini biasanya dapat diketahui dengan tes mata, karena dapat dilihat sebagai perdarahan kecil dari pembuluh darah yang bocor di belakang mata Anda. Hal ini tentu merupakan alasan yang baik untuk melakukan tes mata secara rutin

7. Orang Melihat Dengan Menggunakan Otak, Bukan Mata
Fungsi mata Anda adalah untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan tentang obyek yang ingin anda lihat. Informasi ini kemudian akan diteruskan dari mata Anda ke otak melalui saraf optik. Ini adalah otak (korteks visual) dimana semua informasi ini dianalisis untuk memungkinkan Anda untuk ‘melihat’ benda-benda dalam bentuk jadi nya. Ini bukan untuk mengatakan bahwa mata anda tidak memainkan peran penting karena tentu saja mereka mempunyai peran yg penting.


8. Mata Anda Dapat Beradaptasi Dengan Blindspot (Titik Buta) Pada Penglihatan Anda
Kondisi mata tertentu seperti glaukoma dan kondisi kesehatan tertentu seperti mengalami serangan stroke, dapat menyebabkan Anda untuk mengembangkan blindspot dalam penglihatan Anda. Ini bisa sangat melemahkan jika bukan karena otak dan kemampuan Anda untuk beradaptasi untuk membuat blindspot ini menghilang. Hal ini dilakukan dengan menekan blind spot pada mata yg mengalami gangguan dan membiarkan mata lainnya yg sehat untuk “mengisi kekosongan” yg tercipta oleh mata yg mengalami gangguan.

9. Penglihatan 20:20 Bukanlah Penglihatan Terbaik Yang Bisa Anda Miliki
Ketika orang mendengar frase penglihatan 20:20* mereka menganggap bahwa ini adalah ukuran penglihatan yg terbaik. Namun hal ini tidak benar bahwa penglihatan 20:20 merujuk pada apa yang rata-rata orang dewasa harus dapat melihat. Jika Anda membayangkan grafik uji khas mata, penglihatan 20:20mungkin hanya merupakan garis kedua dari bawah. Garis bawah ini bahkan lebih rendah dari penglihatan 20:20 dan ini berarti Anda mungkin memiliki memiliki penglihatan 20:16. Jadi jangan terlalu terkesan ketika seseorang memberitahu Anda bahwa mereka memiliki penglihatan 20:20!

* Yang dimaksud dengan penglihatan 20:20 adalah: angka 20 yg di depan menunjukkan jarak anda dengan benda yg anda lihat, yaitu 20 feet atau 6 meter. Sedangkan angka 20 yg dibelakang menyatakan bahwa benda tersebut masih bisa dilihat dengan jelas oleh penglihatan normal dari jarak 20 meter. Dan penglihatan 20:20 ini dianggap sebagai ukuran pandangan yg terbaik. Tapi kenyataannya berbeda.

10. Mata Akan Berair Ketika Mereka Kering
Mungkin terdengar gila, tapi ini adalah salah satu fakta aneh tentang mata Anda. air mata Anda terdiri dari 3 komponen yang berbeda yaitu air, lendir dan lemak. Jika ketiga komponen ini tidak persis dalam jumlah yang tepat, maka mata Anda bisa menjadi kering. Otak Anda menanggapi kekeringan itu dengan memproduksi air ekstra.(Sumber)

Jumat, 13 Mei 2011

about my love story

Tags

about my love story

oleh Rasyanda Nova Adinata pada 12 Mei 2011 jam 21:52
 
http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/203434_100000156485134_6100843_n.jpg
Huuufth...
Capek sebenarnya menghadapi hal yang begitu saja, setiap kali falling in love tetap pada kasus yang sama, kasus yang mengharapkan sesuatu yang nggak mungkin bisa terjadi. Heran juga sih kenapa bisa gitu? Sempat berfikir apa emang ini yang namanya keputusan Tuhan for my love journey? (Yaelah ! puitis banget non?). Tapi emang itulah yang ada, itu yang terjadi dan memang itu kenyataanya, nggak akan pernah berubah!
Kalau dah terjadi yang demikian rasanya ingin teriak sekeras mungkin dan terjun dari tebing yang memiliki ketinggian 3578 kaki di atas permukaan laut, (nggak tw jg gw, tuh ukuran dah tinggi atau belum ya?).
“Nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini va,”
Itu yang selalu keluar dari setiap mulut seorang temanku acap kali aku bercerita tentang mereka, (mereka?) ya mereka! Orang yang berhasil mencuri hatiku tanpa pertanggung jawaban yang jelas. Dan sekarang aku hanya bisa menjawab....
“Bulsyit ! untuk semua itu?”
Nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini, itu hanya Tuhan yang bisa melakukannya genk, kita sebagai manusianya hanya bisa menerima, menjalankan dan melakukan apa yang telah Tuhan rencanakan. Ya kata Tuhan, iya pula kata kita tetapi jika Tuhan telah berkata Tidak! hak mutlak telah jatuh pada setiap insan yang menerima keputusan itu.
“ya, makanya kamu berdo’a va”
Ok! Berdo’a, tapi aku akan tetap pada Jawaban yang sama, kita tidak akan pernah bisa menego apa yang menjadi keputusan Tuhan untuk kita, jika Ia berkata tidak sampai kapanpun ya tetap tidak. Aku telah mencobanya teman, mulai dari aku menginjak usia ABG sampai sekarang, sampai aku menginjak bangku kuliah, tapi yang apa yang aku dapat nihil !.
Jika dikumpulkan, dan aku berhasil memiliki mereka walau sebentar mungkin aku bisa berbagi cerita dengan teman sebayaku tentang mereka, mulai dari seorang tekniksi komputer, kakak kelasku di SMA ketika aku masih SMP, pelatih kegiatan ekstrakurikuler di SMA ku, penyiar radio, tetangga kontrakanku, sampai teman kekasih temanku, dan sekarang seorang fotografer yang aku kenal lewat jejaring FB. Banyak banget kan? Hhhee... hhee... tapi nggak ada satupun yang dapat cuey, ketawa deh lo, silahkan...

Sungguh aku tahu, jika aku mulai jatuh cinta lagi, maka jalan ceritanya pasti akan sama seperti kasus sebelumnya, jatuh cinta hanya untuk menjadi a secret admirer. Aku juga nggak tahu kenapa aku nggak bisa mengelaknya? Salahku memang, kenapa aku harus menjadi orang yang gampang jatuh cinta?.
Aku sempat berfikir ini adalah kutukan yang diturunkan oleh Tuhan kepadaku. Aku juga ingin seperti teman-temanku yang lain, memiliki seorang kekasih memiliki teman lelaki special, yang ketika mereka sedih ada yang menghiburnya, ketika mereka butuh seseorang untuk sesuatu ada yang membantu, aku juga ingin meminjamkan bahuku untuk kekasihku ketika mereka sedang membutuhkannya.
Tak jarang aku sering bertanya “kapan aku bisa menikmati masa mudaku, seperti teman-temanku” bukan hanya aku, terkadang teman-temanku juga selalu bertanya “va, kapan kamu kenalin ke kita?” dan aku mulai berfikir “apa? Siapa? Kenapa?” ntah mereka benar-benar tidak tahu atau hanya berusaha membuat lelucon atau ketika malam minggu tiba dan aku sedang asik dengan FB ku seseorang yang tak dikenal atau teman baruku bertanya lewat chatting “nggak malming nih?” aku hanya bisa menjawab “malming donk”, karna apa? Karna aku tahu bukankah yang namanya satnight itu tidak harus dengan kekasih, walaupun mereka mengarah ke pertanyaan “ke mana cowoknya? kok nggak pergi jalan keluar?” dan sekarang aku hanya bisa sedikit menghirup nafas panjangku.
Aku juga sering membuat jawaban dari diriku sendiri, yang setidaknya sedikit bisa menenangkan hatiku yang galau jika pertanyaan itu mulai muncul dibenakku atau dari teman-temanku. Alternatif pertama positive thinking ; dia pasti datang kok, tapi nggak sekarang, dia sedang berusaha mencari jalan untuk menuju ke hatiku dan intinya adalah menunggu. kemudian alternatif yang kedua negative thinking ; aku sadar dengan fisikku, aku tak bisa menarik lawan jenisku semudah mereka yang bisa, aku hanya seorang gadis yang memiliki postur yang tak terlalu tinggi, memiliki warna kulit yang gelap, wajah yang pasaran dan lekuk body yang tak terbentuk. Sangat jauh dari yang ada di benak fikiran seorang pria.
Mungkin aku akan tetap menjadi satu diantara penggemar mereka di luar sana, iya aku hanya hanya bisa  seperti apa yang dikatakan Raditya Dika dalam bukunya yang berjudul Marmut Merah Jambu dalam satu babnya ia berkata : Dan pada akhirnya orang yang jatuh cinta diam-diam hanya bisa mendo’akan. Mereka hanya bisa mendo’akan setelah capek berharap, pengharapan yang ada dari dulu tumbuh mulai dari kecil sekali hingga makin lama makin besar, lalu semakin lama semakin jauh.
Orang yang jatuh cinta diam-diam pada akhirnya menerima. Orang yang jatuh cinta diam-diam paham bahwa kenyataan terkadang berbeda dengan apa yang kita inginkan. Terkadang yang kita inginkan bisa jadi yang tidak sesungguhnya kita inginkan, dan sebenarnya yang kita butuhkan hanyalah merelakan, orang yang jatuh cinta diam-diam hanya bisa seperti yang selalu mereka lakukan jatuh cinta sendirian.

 NB :

dan pada akhirnya akan tetap sama....
orang yang jatuh cinta diam-diam akan hanya bisa berharap...
berharap semoga tidak akan terulang....
terimakasih telah mengizikan aku untuk membawamu masuk ke dalam sejarahku...
I will remain a secret admirer for you until I'm Tired
:) (my smile never end in here!)
by secret admirer.

Kamis, 05 Mei 2011

10 Tanaman Paling Unik Di Dunia

Tags
Tanaman-Tanaman Paling Unik Di Dunia. Banyak hal unik dan aneh di dunia yang amazing dan menakjubkan. Sebelumnya posting Burung yang Paling Berbahaya di Dunia, kali ini saya hadirkan tanaman yang aneh dan unik di dunia .

Tanaman Paling Unik Di Dunia
Tumbuhan memang makhluk yang beragam dan unik. Ada yang sereem, unik, ganas dan menakjubkan. Berikut 10 Tanaman Paling Unik Di Dunia :

1. Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia

Welwitschia Mirabilis
Memang tumbuhan yang satu ini nggak keliatan asik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien.
Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter.
Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara. O ya, arti nama Onyanga adalah Bawang Padang Pasir!

2. Tanaman Karnivora

Dionaea Muscipula
Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan “Daun” yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.

3. Bunga Terbesar di Dunia

Rafflesia Arnoldii
Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Tapi masalahnya baunya ndak wangi, malah lebih mendekati daging busuk. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang adalah habitat asli bunga ini.
Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.

4. Tanaman Menari

Desmodium Gyrans
Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini gampang skeali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.

5. Tanaman Bola Baseball

Euphorbia Obesa
Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.

6. Bunga Bangkai

Amorphophallus Titanum
Bunga yang satu ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. Nah.. bunga yang ini yang ternyata mendapat julukan bunga bangkai, karena selain baunya yang memang mirip bangkai, juga warnanya meniru daging yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.

7. Pohon Botol

Baobab
Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air! Makanya bisa tumbuh sampai 500 tahun!

8. Pohon Darah Naga

Dracaena Cinnabari
Tanaman ini asli kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata ‘darah naga’ dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah ‘darah naga’ pohon ini juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

9. Tanaman Kebangkitan

Selaginella Lepidophylla
Nama lain bunga ini adalah Bunga Jericho, tumbuhan gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan bahkan di saat kekeringan. Pada saat musin kering, batangnya akan mengkerut dan menggulung menjadi bola. Dan begitu ada air, batang tadi akan melepaskan diri dari gulungannya. Tanaman ini banyak ditemui di gurun Chihuahua

10. Pohon Dinamit

Hura Brasiliensis
Tanaman ini ternyata merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Julukan lainnya? Pohon Neraka, atau ada juga yang menjuluki Pohon Kotak Pasir (sandbox tree). Bayangkan saja, batangnya ditutupi duri tajam, dan sudah seperti itu, getah pohon ini ternyata beracun dan banyak digunakan oleh penduduk setempat untuk meracuni mata panah mereka. Selain itu, mereka juga punya buah. Dan buah pohon ini nggak main-main, begitu matang, buah pohon ini akan meledak! Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini! makanya namanya seperti itu!


Rabu, 04 Mei 2011

12 Air terjun Tertinggi di Indonesia

Tags
12. Air terjun Grojogan Sewu (81 meter)
Terletak di kaki Gunung Lawu (2632 mdpl), 27 km dari Kab. Karang anyar, Jawa Tengah. Air terjun ini merupakan salah satu dari program wisata yang disebut "INTANPARI" (Industri Pertanian dan Pariwisata), air terjun ini memiliki ketinggian 81 meter diukur dari bawah ke atas.


11. Air terjun Curug Cimahi (85 meter)
Terletak di Desa Cisarua, sekitar 10 kilometer dari Cimahi, atau sekitar satu jam dari Bandung. Bagi warga sekitar yang ingin mencari hiburan alam dan menjauh dari hingar bingar kota metropolitan, air terjun ini merupakan tujuan wisata yang pas untuk mereka.


10. Air terjun Curug Cipendok (92 meter)
Terletak di Desa Karang Tengah, kabupaten Cilingok, sekitar 25 km dari Purwokerto. Dengan ketinggian 92 meter dan dikelilingi dengan hutan alam yang indah.



9. Air Terjun Curup Tenang (99 meter)
Air terjun Curup Tenang adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan, yang terletak didekat desa Bedegung, Kabupaten Tanjung Agung, sekitar 56 kilometer Selatan Kabupaten Muara Enim.


8. Air terjun Moramo (100 meter)
Terletak 65 km di sebelah timur Kendari, Air Terjun Moramo mudah diakses oleh mobil atau dengan perahu. Keunikan dari air terjun ini yakni memiliki tingkatan sebanyak 127 tingkatan setinggi 100 meter sepanjang 2 km diperbukitan dataran tinggi Sulawesi Tenggara. Dan dikelilingi oleh hutan alami yang menjadi tempat habitat asli Sulawesi Tenggara.


7. Air terjun Curug Citambur (100 meter)
Air terjun Citambur, sebuah air terjun yang tingginya sekitar 100 meter di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Dikelilingi oleh hutan alami dengan pemandangan yang sangat indah menjadikan air terjun ini merupakan objek wisata yang eksotis.


6. Air Terjun Sedudo (105 meter)
Air Terjun Sedudo terletak di Ngliman, kecamatan Sawahan. sekitar 30 km dari Nganjuk. Selain sebagai objek wisata, air terjun ini sering dijadikan tempat pelaksanaan Upacara Tradisional oleh masyarakat dan Pemerintah setempat. Hal ini semakin menambah daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.


5. Air terjun Jarakan (115 meter)
Air Terjun Jarakan terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. Air Terjun Jarakan ini sebagai bagian dari kawasan objek wisata air terjun yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Magetan.


4. Air terjun Sipiso piso (120 meter)
Air terjun Sipisopiso adalah air terjun terjun yang terletak di dataran tinggi Sumatra Utara. Dengan ketinggian 120 meter, sekitar 25 km dari kota Kabanjahe.


3. Air terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter)
Terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi. Di sela-sela perbukitan dan lembah harau terdapat sebuah jurang yang dalam dan sebuah air terjun yang sangat indah, bahkan kadang dipenuhi oleh sekumpulan kupu-kupu beterbangan, sehingga membuat air terjun ini merupakan kombinasi alam dengan pemandangan yang sangat indah.

2. Air Terjun Madakaripura (200 meter)
Air Terjun Madakaripura terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini dikenal sebagai tempat pertapaan Mahapatih Gajah Mada sebelum mengabdi di kerajaan Majapahit. Air terjun Madakaripura berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.


1. Air terjun Sigura gura (250 meter)
Terletak sekitar 250 km dari Medan. Air terjun yang dihasilkan oleh sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba ini memiliki ketinggian 250 meter.


sumber