Jumat, 11 Maret 2011

Nuklir Dekat Tsunami Jepang Aman

Tags

Gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Jepang/reuters
Gempa dan tsunami yang meluluh lantakkan Jepang
Gempa dahsyat disertai gelombang tsunami meluluh lantakkan Pulau Honshu, bagian timur laut Jepang. Kini pemerintah Jepang tengah fokus menanggulangi korban jiwa dan kerusakan hebat akibat bencana itu. Pasalnya pembangkit tenaga nuklir yang berdekatan dengan lokasi gempa dinyatakan dalam kondisi aman.

Demikian disampaikan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) seperti dilansir Reuters, Jumat (11/3/2011). IAEA, badan pengawas nuklir PBB menjelaskan sedang mencari informasi lebih lanjut fasilitas nuklir di negara lain yang berisiko tinggi rusak akibat gempa Jepang.

"Empat pembangkit listrik tenaga nuklir Jepang yang berdekatan dengan gempa telah dihentikan aktivitasnya," seperti dirilis IAEA. Hanya saja, komunikasi dengan otoritas terkait di Jepang terus dilakukan.

"IAEA juga telah mengirimkan tawaran jasa ke Jepang". Media Jepang melansir pemerintah telah memutuskan untuk mendeklarasikan tenaga nuklir dalam situasi darurat. Pernyataan ini untuk mengantisipasi bila terjadi kebocoran radioaktivitas dari pembangkit listrik tenaga nuklir atau sistem pendingin reaktor rusak.

Secara terpisah, Fukushima Prefecture, situs Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Tokyo memastikan
sistem pendingin reaktor berfungsi. Jawaban ini sekaligus menyangkal isu yang beredar terjadinya kebocoran terhadap pembangkit tersebut.


EmoticonEmoticon