Minggu, 27 Februari 2011

membuat OS linux portable di flashdisk

Tags

Linux .... Operating system yang satu ini penggunanya semakin hari semakin bertambah dan semakin banyak saja. Selain gratis ( open source ) OS yang satu inipun mempunyai tampilan grafis yang OK punya. Pengguna barupun akan bisa dengan cepat untuk menyesuaikan diri dengan sederetan aplikasi yang tersedia. Ditambah lagi sekali install, aplikasi office sudah tersedia langsung dalam satu paket yang tak terpisahkan dengan OS-nya. Satu hal lagi..... bebas virus !!! adalah salah satu kelebihannya. Maka tidak mengherankan banyak kalangan yang menggunakan OS linux sebagai OS di komputer mereka. ( terutama di warnet-warnet maupun perkantoran ).

Selain kelebihan diatas, OS linux inipun ternyata bisa dibuat portable di flashdisk. Jadi bisa dibawa kemana-mana tanpa harus bawa kompie. Cukup bawa satu flashdisk saja.
Untuk membuat OS linux portable di flashdisk ( linux live usb ) yang perlu disiapkan adalah :
  1. distro linux yang mo dibuat live usb. biasanya berekstensi .ISO
  2. Flashdisk minimal 1 GB dengan format FAT32.
  3. software Unetbootin
Kalau semua sudah siap, jalankan Unetbootin dengan cara klik 2 kali (klik ganda). Pilih disk image, kemudian explore ketempat penyimpanan file .ISO dari distro linux tadi. Pada type, pilih "USB drive" dan pada Drive, pilih Directory lokasi Flash disk anda. Kemudian klik OK untuk mulai instalasi. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

Setelah selesai bisa anda coba dengan booting melalui flashdisk. Sebelumnya ubah dulu pengaturan pada BIOS anda untuk booting melalui flashdisk.

Bagaiman hasilnya ??? ...... Berbedakah dengan windows ?? Semua tergantung kita masing-masing. Keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi sahabat yang sudah menggunakan atau pernah menggunakan OS linux ini pasti bisa membedakan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya sendiri pake dua-duanya, Windows dan juga Linux dalam satu kompie, atau biasa disebut dual boot. Jadi enaknya kalau windowsnya trouble, ngadat, mogok, rewel, atau pilek ... bisa pake linuxnya. Artinya pekerjaan masih bisa berjalan teruussss... enak bukan ??? .... Bukan !!

http://rahmabasel.blogspot.com


EmoticonEmoticon